Kamis, 10 Februari 2011 - 23:15:39 WIB
Saat Raja Belajar Bertutur Kata
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Hiburan - Dibaca: 553 kali

Ini dia film yang meraih perolehan nominator terbanyak dalam acara Academy Awards ke 83. Dari 24 jumlah nominasi yang ada, The King's Speech berhasil meraih setengahnya dan menjadikan film produksi See Saw Films dan Bedlam Productions itu merajai Oscar 2011 yang merupakan ajang perfilman paling bergengsi di dunia.

Setelah kematian ayahandanya, raja George V (Michael Gambon), pangeran Albert (Colin Firth) akhirnya dinobatkan sebagai raja. Diangkatnya ayah dua anak ini menjadi raja baru Inggris karena sang kakak, pangeran Edward VIII (Guy Pearce) yang seharusnya berkuasa, rela turun tahta karena lebih memilih seorang janda keturunan Amerika untuk dinikahinya.

Tapi apa jadinya jika seorang raja menderita kesulitan berbicara?terutama pada saat berpidato. Karena sebelum dinobatkan sebagai Raja, beberapa kali Bertie (panggilan pangeran Albert dari orang-orang terdekatnya) harus mewakili pidato ayahnya yang sakit, baik secara langsung maupun melalui siaran radio dan hasilnya sangat mengecewakan bagi siapa saja yang mendengarnya.

Dibantu sang istri tercinta, Elizabeth (Helena Bonham Carter), Raja George VI menemui ahli terapi bicara bersama Lionel Logue (Geoffrey Rush) yang eksentrik. Pertemuan keduanya walau diawali dengan perseteruan, keduanya akhirnya menjalani program terapi dan akhirnya membentuk ikatan yang tak terpisahkan.

Masalah raja George VI ternyata bukan hanya dari dalam dirinya saja, dengan keadaan negara yang diambang peperangan, raja baru itu akhirnya melakukan pidato pertamanya di radio BBC untuk rakyat dan negaranya. Dengan dukungan dari Lionel, keluarga, pemerintah dan Winston Churchill (Timothy Spall), mampukah raja baru ini menginspirasi seluruh Inggris untuk bersiap melawan kebrutalan tentara Jerman.

Kejeniusan sang sutradara mengemas film akhirnya memberikan jaminan The King's Speech menjadi tontonan yang sangat menarik. Anda akan merasakan emosi sekaligus tertawa saat melihat Colin Firth yang sangat mendalami karakter raja George VI. Akting Geoffrey Rush sebagai ahli bicara membuktikan dirinya memang jago berbicara, bahkan di hadapan seorang Raja.